Senin, 24 November 2008

Berita olahraga

FREE KICK

Ada Yang Pasti

Tak Perlu Yang Baru

Kroasia bakal kembali menghadapi Inggris di babak kualifikasi PD 2010, (11/9). Pelatih Kroasia Slaven Bilic mengaku optimis timnya mampu kembali menundukkan skuad The Three Lions dengan pelatih anyarnya, Fabio Capello. Tak heran, Kroasia memang menjadi mimpi buruk Inggris di babak kualifikasi Euro 2008 lalu. Bagaimana tidak, dalam dua pertemuan yang dilakoni, John Terry dkk harus bertekuk lutut dari Luka Modric cs. Untuk itulah Bilic optimis jika timnya bakal kembali menang.
Meski sedikit khawatir dengan kehadiran pelatih brilian sekelas Fabio Capello, namun Bilic menilai, yang dibutuhkan Inggris guna mengembalikan kejayaan adalah dengan hadrinya wajah-wajah baru. "Sejak ditangani Capello, Inggris memang menjadi tim yang lebih disiplin. Namun, saya selalu memperhatikan sepak terjang skuad Inggris di bawah arahannya," jelas Bilic (9/9). "Saya tak memungkiri, Capello merupakan pelatih kelas atas. Namun, ia hanya memilih pemain yang sudah ada, tanpa menghadirkan wajah baru," lanjutnya.
"Inggris tidak memiliki sesuatu yang dapat mengejutkan kami. Sebab, skuad mereka tidak diisi wajah-wajah baru. Inggris merupakan salah satu tim terbaik di dunia, dan kami telah mengenal seluruh punggawanya," ujar mantan bek West Ham United itu. "Kami tak takut menghadapi Inggris. Sebab, kami sempat dua kali mengalahkan mereka di babak kualifikasi Euro 2008," tutup pelatih 39 tahun itu.

Kontrak Abis

Butuh Wajah Baru

Karir Luis Figo bersama Inter Milan diprediksi hanya bertahan satu musim ke depan. Tak heran, manajemen Nerazzurri dikabarkan siap menggantikan bintang Portugal tersebut dengan talenta muda Argentina, Angel Di Maria. Namun, kedatangan winger yang merumput di Benfica ini baru akan direalisasikan pada musim depan. Meski demikian, Inter dikabarkan telah mencapai kesepakatan lisan dengan Direktur Olahraga Benfica Rui Costa perihal transfer itu.
Dalam perjanjian lisan itu menyebutkan, Inter akan menyerahkan bomber David Suazo ke Benfica, plus uang tunai sebesar 2 juta euro sebagai bagian dari transfer Di Maria, (9/9). Keputusan Nerazzurri dalam memboyong pemain Timnas Argentina itu memang tak lepas dari rekomendasi pelatih Jose Mourinho. Pasalnya, dengan posisi 4-3-3 yang diadopsinya, Di Maria bakal sangat berguna untuk melapisi Ricardo Quaresma dan Amantino Mancini di lini depan lapangan.
Selain cocok dengan posisi yang diusungnya, keputusan The Special One merekrut winger 20 tahun itu sebagai langkah preventif untuk mengamankan buruannya. Tak heran, beberapa klub lain seperti AC Milan, Real Madrid dan Chelsea dikabarkan siap membajak winger yang turut berjasa mengantar Tim Tango merebut emas di Olimpiade Beijing 2008, Agustus lalu.


BERITA BOLA

Gagal Memetik Hasil

Ganti Formasi Pemain

Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque gagal mengantar Spanyol untuk memetik hasil maksimal saat melawan Bosnia-Herzegovina akhir pekan lalu. Tak heran, kabarnya Del Bosque akan membuat beberapa perubahan untuk starting XI Tim Matador ketika menghadapi Armenia, (11/9) dinihari nanti.
Menurut surat kabar, Marca menjelaskan, ada kemungkinan Santi Carzola, Daniel Guiza, dan Xabi Alonso akan diturunkan sebagai pemain inti, (9/9). Pelatih 57 tahun tersebut telah menghabiskan banyak sesi latihan bereksperimen dengan memasang Guiza di barisan depan bersama David Villa serta Xabi Alonso di barisan tengah, menggantikan posisi Marcos Senna.
Selain itu, Del Bosque juga menyertakan Santi Cazorla di sayap kanan. Jika pemain Villarreal itu benar-benar menjadi starter, maka winger Sevilla Diego Capel akan duduk di bangku cadangan. Tim Spanyol akan berangkat ke Albacete hari ini untuk persiapan menghadapi Armenia pada laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2010. Tak heran, Bosque akan memberikan latihan ekstra kepada asuhannya agar bisa tampil bagus dan bisa menundukkan Armenia.

Kondisi Kurang Gress

Pelatih Puyeng

Pelatih Italia Marcello Lippi rupanya masih dibingungkan dengan kondisi anak asuhnya saat harus menjamu Georgia di kualifikasi Piala Dunia 2010, (11/9). Namun Lippi tetap berharap timnya akan menghapus sedikit goresan saat laga pembuka melawan Cyprus lalu. Ya, kemenangan tipis 2-1 Italia atas Cyprus lalu memang kurang memuaskan Lippi. Hal itulah yang membuat Lippi berharap Alessandro Del Piero dkk bermain lebih menyakinkan saat bersua Georgia.
Namun Lippi rupanya masih harus memeras otak. Absennya dua bek Azzurri, Alessandro Gamberini dan Fabio Grosso plus Gennaro Gattuso tentu membuat Lippi harus berpikir keras. Sebelumnya, Lippi juga harus kehilangan Andrea Barzagli dan Marco Cassetti. Untung saja Lippi mempunyai pilihan pada Andrea Dossena dan Nicola Legrottaglie. Lippi sendiri telah menyerahkan tanggung jawab lini tengah yang ditinggalkan Gatusso dengan menunjuk Antonio Nocerino.
"Masalah yang kami alami saat melawan Cyprus masih menjadi kekhawatiran kami. Kami tidak dalam kondisi 100 persen dan bermain tidak dengan kondisi terbaik kami," tegas Lippi (9/9). Tak hanya sampai disitu, Lippi juga dihadapkan dengan kondisi Andrea Pirlo yang kemungkinan tidak dalam kondisi terbaiknya. Hal itu yang membuat Lippi juga menyiapkan nama Alberto Aquilani.
Tak heran, kondisi kurang menguntungkan juga dialami timnas Georgia. Timnas besutan Hector Cuper datang ke Italia dengan berbagai masalah. Kekalahan 1-2 dari Irlandia plus masalah internal dalam negri pasca perang melawan Rusia lalu tentu membuat Georgia kurang fokus. "Timnas saya sedang menderita seperti yang dialami rakyat Georgia. Namun kami tentu tidak akan menyerah dan berharap kami kembali dari Undine dengan hasil positif," tungkas Cuper.

CEDERA

Memang bukan rahasia lagi jika hubungan Michael Ballack dan Oliver Bierhoff tidak harmonis. Setelah sempat kedua pemain itu bersitegang di Euro 2008 lalu, kini genderang perang jilid kedua telah di tabuh. Duel di media masa antara keduanya dibuka dengan lontaran pedas Bierhoff. Legenda hidup Der Panzer itu mengeluarkan komentar yang membuat merah telinga Ballack. "Timnas bermain bagus tanpa Michael Ballack dan tidak tergantung padanya (Ballack-red)," ujar Bierhoff.
Tak heran, hal itu langsung dibalas Ballack. Gelandang Chelsea itu memilih surat kabar Frankfurter Allgemeine guna menyerang balik mantan striker AC Milan itu. "Timnas telah memenangkan dua pertandingan sebelum Oliver Bierhoff menjadi manajer," ujar Ballack (9/9). Tak heran, perseteruan Ballack dan Bierhoff ini kembali membuat sang pelatih Timnas Jerman Joachim Low semakin berat. Meski Low telah berusaha medamaikan keduanya, namun hingga saat ini hubungan keduanya tak kunjung membaik.

Napoli telah memberi pernyataan akan mengajukan banding setelah dijatuhi sanksi penutupan dua sisi Stadion San Paolo hingga empat pertandingan ke depan. Sanksi tersebut merupakan akibat kerusuhan yang ditimbulkan oleh sekelompok suporter Partenopei ketika bertandang ke markas AS Roma, (1/9) lalu.
Selain sanksi penutupan beberapa bagian stadion, suporter Napoli telah dijatuhi sanksi tidak boleh mengikuti pertandingan klub favoritnya di partai tandang musim ini. Pemilik klub Napoli Aurelio De Laurentiis sangat menyesalkan keputusan itu dan menilai sanksi itu terlalu berat untuk para suporter Napoli. Tak heran, dirinya beserta manajemen klub akan mengajukan banding menentang sanksi yang dijatuhkan, (9/9). Napoli menunjuk pengacara Mattia Grassani sebagai perwakilan mereka dalam kasus ini.

Kroasia berang dengan santernya pemberitaan bahwa Slaven Bilic diincar West Ham United untuk dijadikan sebagai pelatih. Hal tersebut dipandang sebagai 'trik kotor yang dilakukan orang Inggris'. Presiden Asosiasi Sepakbola Kroasia Vlatko Markovic bahkan mengancam akan mengambil langkah hukum jika West Ham mendekati Bilic, yang saat ini menjabat pelatih timnas Kroasia, tanpa izin mereka.
Tak heran, Bilic yang pernah satu musim menjadi pemain West Ham, langsung masuk bursa manajer baru West Ham menyusul pengunduran diri Alan Curbishley. Pernyataan ini muncul menjelang Inggris bertanding melawan Kroasia di babak kualifikasi Piala Dunia 2010 hari Rabu besok. "Satu lagi trik kotor oleh Inggris. Mereka jelas-jelas ingin menciptakan masalah buat kami sebelum pertandingan. Inilah tipikal sepakbola Inggris. Untuk cerita tentang West Ham memiliki Bilic yang muncul sekarang, sangat buruk," tegas Markovic.
"Saya jadi sangat curiga dan tidak senang, karena hal seperti ini bukan hal yang baru terjadi dengan Inggris," lanjutnya. Bilic terikat kontrak dengan Kroasia hingga 2010. Yang bersangkutan tidak mengatakan dirinya tidak tertarik berkarir sebagai manajer di Premier League, termasuk untuk bekas klubnya itu. Namun ia menyatakan harus menghormati kontrak yang telah ia buat sendiri.

Tidak ada komentar: